PARTAI PEMILU
Home » , , » Melihat Kembali Kemesraan Jokowi-Prabowo Usai Pilpres 2014

Melihat Kembali Kemesraan Jokowi-Prabowo Usai Pilpres 2014

Ditulis Oleh Ambar Syahputra Siregar on Senin, 31 Oktober 2016 | 01.00


Jakarta - Setelah Pilpres 2014 usai, Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto beberapa kali menunjukkan kemesraan lewat pertemuan bersama. Kini, pertemuan akan kembali dilakukan di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Pertemuan resmi yang terakhir antara Prabowo dan Jokowi adalah pada 29 Januri 2015 atau lebih dari setahun yang lalu. Di tengah hujan, Prabowo langsung disambut Jokowi masuk ke Istana Bogor untuk melakukan pertemuan tertutup. Setelah pertemuan tersebut, mereka pun menggelar konferensi pers bersama.

"Saya menyampaikan komitmen saya untuk mendukung usaha kita bersama, beliau sebagai eksekutif, kami di luar eksekutif, sama-sama untuk membangun bangsa, menjaga keutuhan bangsa dan menanggulangi kemiskinan," kata Prabowo dalam jumpa pers bersama Jokowi.


Prabowo juga menyampaikan bahwa dia baru terpilih sebagai Presiden Federasi Pencak Silat Dunia. Presiden Jokowi pun didaulat menjadi pendekar pencak silat.

"Tradisi kita setiap Presiden adalah pendekarnya pencak silat Indonesia dan beliau akan menerima sebagai pendekar utama pencak silat dan berkenan memakai pakaian pencak silat," kata Prabowo.

Hanya sekitar 1 jam Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di Istana Bogor menemui Presiden Joko Widodo. Sebelum meninggalkan istana, Prabowo pun melepas hormatnya kepada Jokowi.

Saat jumpa pers, mobil pribadi Prabowo, Lexus putih, sudah terparkir di samping lobi Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/1/2015). Jokowi mengantar Prabowo hingga pintu mobil.

Prabowo lantas langsung memberi sikap hormat kepada orang nomor satu di Indonesia itu. Dan dibalas Jokowi dengan bungkukan badan. Jokowi masih tetap berada di situ hingga mobil Prabowo pergi meninggalkan istana.


Prabowo mengatakan kunjungannya ke Istana Bogor adalah balasan atas kunjungan Jokowi sebelum pelantikan Presiden pada Oktober 2014 lalu. Saat itu memang Jokowi menemui Prabowo di kediaman orang tua Prabowo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Sebagai orang timur kita harus mengerti tata krama. Saya mohon untuk diterima beliau di kediaman resmi beliau sebagai Presiden," ujar Prabowo yang sesekali menatap Jokowi.

Pertemuan di Kertanegara

Senyum mengembang di wajah Jokowi dan Prabowo pada 17 Oktober 2014. Gelak tawa juga muncul dalam pertemuan yang hanya 15 menit di kediaman keluarga Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Beliau datang ke saya itu kehormatan bagi saya," ujar Prabowo usai bertemu dengan Jokowi secara tertutup, Jumat (17/10/2014) siang.

Prabowo mengucapkan selamat atas pelantikan Jokowi sebagai presiden. Jokowi lalu balas memberi ucapan selamat juga untuk Prabowo, yaitu selamat ulang tahun.

"Tadi saya sudah mengucapkan selamat ulang tahun untuk Bapak Prabowo yang hari ini berulang tahun...," kata Jokowi. Prabowo memotong kata-kata Jokowi.

"Jangan sebut umurnya," tukas Prabowo yang langsung disambut tawa keduanya.

Pujian-pujian datang dari Prabowo untuk Jokowi. Dia pun menyatakan siap untuk selalu mendukung pemerintahan Jokowi.

"Saya sampaikan partai yang saya pimpin teman dan pendukung, mendukung Saudara Jokowi dan pemerintahan yang beliau pimpin," kata Prabowo.


Namun, Prabowo yang mengenakan kemeja putih dan berkopiah mewanti-wanti bahwa apabila Jokowi melanggar apa yang diamanatkan rakyat, tak segan-segan Prabowo dan pendukungnya akan mengkritisi.

"Apabila ada hal-hal yang tidak menguntungkan bangsa dan rakyat tak segan-segan akan mengkritisi," tegas Prabowo yang disambut

Seperti kebiasaan Prabowo selama ini, dia selalu memberikan hormat militer kepada orang yang memiliki jabatan lebih tinggi. Saat menyambut Jokowi di pintu gerbang rumah, Prabowo pun memberikan hormat militer.

Begitu juga saat mengakhiri pertemuan, Prabowo juga memberi hormat militer. Jokowi spontan membalasnya dengan membungkukkan badan.


Sumber : detik

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog